Anda Pengunjung Ke-

free counter

Konsultasi Peternakan

KILAS INFORMASI

KAMI SIAP MENDAMPINGI ANDA
SILAHKAN DIPILIH JASA PELATIHAN DIBIDANG PETERNAKAN
KONTAK KAMI SEGERA Dedy Winarto,S.Pt,M.Si CONTACT PERSON: 0853 2672 1970 E-mail : dedy_good@yahoo.co.id>

LINK JURNAL

PERUSAHAAN PETERNAKAN

TUKAR LINK/BANNER

Topik yang menarik dalam website ini?

"SELAMAT DATANG DIWEBSITE KILAS PETERNAKAN, MEDIA ONLINE SEPUTAR DUNIA PETERNAKAN ANDA"

PENGUMUMAN

KRITIK DAN SARAN KONTEN WEB
Jika Konten Web tidak berkenan atau Dilarang Oleh Pemerintah
Kirim e-mail: Dedy_good@yahoo.co.id
Web ini hanya sebagai sarana berbagi Informasi, Pengetahuan dan wawasan Semata. Informasi Lebih lanjut Tlp 0853 2672 1970(No SMS).
SEMOGA BERMANFAAT

SAPI BALI

Friday, December 12, 2008

Pola usaha penggemukan bertujuan untuk menggemukkan sapi umur muda dalam jangka waktu tertentu, kemudian dijual sebagai hewan potong. Semua bangsa sapi dapat dijadikan sapi bakalan. Tetapi untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi, dipilih bangsa sapi yang sudah beradaptasi dengan baik di suatu wilayah, memiliki laju pertumbuhan yang lebih cepat, serta efisien dalam penggunaan pakan. Sapi Bali adalah jenis sapi lokal yang sudah adaptif pada berbagai tipe lahan di Indonesia.

Menurut Salfina et al. (2004), rata-rata PBBH sapi Bali berkisar dari 0.296 sampai 0.528 kg/ekor/hari, sedangkan menurut I Made Rai Yase (2006) berkisar 0.43 – 0.51 kg/ekor/hari.

  1. Subsistem Agribisnis Budidaya (On-Farm Agribusiness)

    • Mekanisme Usaha Penggemukan Sapi Bali

Usaha Penggemukan yang akan dilaksanakan ditargetkan membutuhkan waktu 100 hari dengan pakan yang diberikan berupa pakan dasar hijauan segar dan kering secara ad libitum dengan tambahan pakan penguat konsentrat sebanyak 2 kg/ekor.

Sapi bali yang akan digemukkan berumur antara 2.5 sampai 2.9 tahun dengan bobot awal rata-rata 300 kg. Sapi-sapi tersebut dipelihara dalam kandang permanen dan pada awal pengemukan diberikan obat cacing yang mengandung oxfendazol. Hijauan yang diberikan berupa rumput lapangan, rumput gajah dan rumput kering dikombinasi dengan hijauan legum seperti Lamtoro, Gamal dan lainnya. Dengan pertambahan bobot badan harian (PBBH) rata-rata ± 0.50 kg/hari maka sapi bobot 280 kg digemukkan hingga 350 kg sesuai permintaan pasar

0 comments:

KILAS PETERNAKAN ON FACEBOOK