Anda Pengunjung Ke-

free counter

Konsultasi Peternakan

KILAS INFORMASI

KAMI SIAP MENDAMPINGI ANDA
SILAHKAN DIPILIH JASA PELATIHAN DIBIDANG PETERNAKAN
KONTAK KAMI SEGERA Dedy Winarto,S.Pt,M.Si CONTACT PERSON: 0853 2672 1970 E-mail : dedy_good@yahoo.co.id>

LINK JURNAL

PERUSAHAAN PETERNAKAN

TUKAR LINK/BANNER

Topik yang menarik dalam website ini?

"SELAMAT DATANG DIWEBSITE KILAS PETERNAKAN, MEDIA ONLINE SEPUTAR DUNIA PETERNAKAN ANDA"

PENGUMUMAN

KRITIK DAN SARAN KONTEN WEB
Jika Konten Web tidak berkenan atau Dilarang Oleh Pemerintah
Kirim e-mail: Dedy_good@yahoo.co.id
Web ini hanya sebagai sarana berbagi Informasi, Pengetahuan dan wawasan Semata. Informasi Lebih lanjut Tlp 0853 2672 1970(No SMS).
SEMOGA BERMANFAAT

Empat Pekerjaan Menanti Penyuluh Bantu

Wednesday, September 09, 2009


Departemen Pertanian tidak lagi menerima tenaga penyuluh bantu pada tahun 2010, melainkan akan fokus menangani Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh (THL TBP) angkatan I sebanyak 7.218 orang. Kepada mereka yang sudah berpengalaman selama tiga tahun menjadi penyuluh bantu diharapkan mau menjadi Penyuluh Swadaya. Menteri Pertanian Anton Apriyantono dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR RI membahas alokasi anggaran Deptan 2010 (2/9) mengatakan karena Deptan tidak lagi merekrut penyuluh bantu, maka sisa honor dan Bantuan Operasional (BOP) THL TBP tahun 2010 akan direlokasi untuk pendidikan dan pelatihan penyuluh swadaya, program Pemuda Membangun Desa (PMD) dan program magang bagi penyuluh bantu. Kebijakan Departemen Pertanian untuk tidak merekrut penyuluh bantu pada tahun 2010 sepertinya untuk merespon keinginan para penyuluh bantu angkatan I yang direkrut Deptan tahun 2007. Sekitar seribu THL TBP telah mendatangi Kantor Pusat Departemen Pertanian menuntut agar kontrak mereka dapat diperpanjang meski sudah tiga tahun dikontrak.Selain itu, mereka juga menuntut agar Departemen Pertanian mengupayakan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur regenerasi penyuluh pertanian melalui pengangkatan THL-TBPP menjadi Penyuluh Pertanian PNS.“Departemen Pertanian berkomitmen melalui Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian untuk mengupayakan perpanjangan kontrak bagi THL-TBPP Angkatan Pertama (Tahun 2007) yang akan berakhir kontraknya pada Bulan November 2009 dan mengupayakan terbitnya Peraturan Pemerintah yang mengatur regenerasi penyuluh pertanian melalui pengangkatan THL-TBPP menjadi Penyuluh Pertanian PNS,” kata Ketua Forum Komunikasi THL-TBPP Nasional Dedy Alfian.Kepala Pusat Pengembangan Penyuluhan Pertanian, Badan Pengembangan SDM Pertanian Deptan Dr. Mei Rochjat.D, M.Ed mengatakan mengakui adanya tuntutan untuk menerbitkan PP yang mengatur regenerasi penyuluh pertanian, namun saat ini pihaknya akan fokus pada penanganan THL TBP yang sudah nyata dan jelas.“Yang sudah jelas bisa kita kerjakan untuk THL adalah pertama mereka bisa bergabung menjadi Pemuda Masuk Desa (PMD),” jelas Mei Rochjat kepada Sinar Tani. Program PMD sudah ada anggarannya di Ditjen Tanaman Pangan, Ditjen Hortikultura, Ditjen Perkebunan dan Ditjen Peternakan serta unit eselon I lainnya untuk tahun 2010. Menurutnya, paling tidak yang bisa ditampung dalam program ini ada sebanyak 1 ribu THL.Kedua, lanjut Mei Rochjat adalah program magang di luar negeri. Salah satunya di Australia. Departemen Pertanian sudah menjajagi ke Negeri Kanguru itu untuk memastikan pekerjaan apa yang bisa diisi THL.

Source:sinartani.com/Update: Selasa, 08/09/2009

Daging Ayam ASUH Lebih Baik

Daging ayam merupakan pangan asal hewan yang kaya akan zat gizi, terutama protein, vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan, kesehatan dan kecerdasan. Agar aman dan layak dikonsumsi, daging perlu ditangani dengan baik dan benar. Daging ayam hendaknya memenuhi kriteria ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). AMAN : daging ayam bebas dari bibit penyakit yang dapat mengganggu kesehatan manusia. SEHAT : daging ayam bergizi tinggi. UTUH : daging ayam tidak dicampur dengan bagian lain. HALAL : ayam dipotong dan ditangani sesuai dengan syariat Islam.

Membeli
Belilah daging ayam di tempat penjualan atau kios daging yang resmi dan bersih. Belilah daging ayam yang warnanya cerah, tidak gelap, tidak berwarna, tidak berbau busuk dan tidak berlendir. Jangan membeli daging dengan harga sangat murah. Perhatikan leher ayam, tidak terdapat penggumpalan darah. Belilah daging pada akhir berbelanja dan terbungkus secara baik.

Menyimpan
Daging ayam yang telah dibeli, jika tidak dimasak harus segera disimpan dalam freezer. Jangan menyimpan daging ayam pada suhu ruang (250 C) lebih dari 4 jam. Daging ayam dalam freezer dapat disimpan selama 6 bulan.Mengapa daging ayam harus disimpan dalam keadaan beku?
Pembekuan daging untuk mempertahankan kesegaran asal daging. Pembekuan dapat menghentikan pertumbuhan kuman dan perubahan kimia yang dapat menyebabkan daging membusuk. Jika ditangani dengan benar, rasa daging beku adalah sebaik daging segar. Dengan daging beku, anda dapat menikmati daging bermutu dan aman untuk dikonsumsi.Makanlah daging ayam yang berasal dari rumah pemotongan ayam dan diproses secara higienis melalui tahapan sebagai berikut: pemeriksaan ayam hidup sebelum dipotong, penggantungan ayam hidup di rel berjalan, pemingsanan, pemotongan HALAL, pencelupan dalam air panas, pencabutan bulu, pemotongan kepala dan leher, pemotongan ceker dan kloaka, pencucian, pendinginan, penirisan, seleksi, pengemasan dalam plastik, dan penyimpanan dalam ruang pembeku.

Admin by Dedy,S.Pt,M.Si

@ September 2009

0 comments:

KILAS PETERNAKAN ON FACEBOOK