Anda Pengunjung Ke-

free counter

Konsultasi Peternakan

KILAS INFORMASI

KAMI SIAP MENDAMPINGI ANDA
SILAHKAN DIPILIH JASA PELATIHAN DIBIDANG PETERNAKAN
KONTAK KAMI SEGERA Dedy Winarto,S.Pt,M.Si CONTACT PERSON: 0853 2672 1970 E-mail : dedy_good@yahoo.co.id>

LINK JURNAL

PERUSAHAAN PETERNAKAN

TUKAR LINK/BANNER

Topik yang menarik dalam website ini?

"SELAMAT DATANG DIWEBSITE KILAS PETERNAKAN, MEDIA ONLINE SEPUTAR DUNIA PETERNAKAN ANDA"

PENGUMUMAN

KRITIK DAN SARAN KONTEN WEB
Jika Konten Web tidak berkenan atau Dilarang Oleh Pemerintah
Kirim e-mail: Dedy_good@yahoo.co.id
Web ini hanya sebagai sarana berbagi Informasi, Pengetahuan dan wawasan Semata. Informasi Lebih lanjut Tlp 0853 2672 1970(No SMS).
SEMOGA BERMANFAAT

Pesanan Sagon Meningkat

Saturday, September 12, 2009

KEBUMEN - Menjelang Lebaran, permintaan kue tradisional seperti kue sagon meningkat. Pembuatnya pun harus menambah tenaga kerja agar bisa memenuhi semua pesanan. Hal itu dialami oleh Tarmini (60), perajin kue sagon di Dusun Penasapan Kebulusan Kecamatan Pejagoan Kebumen. Selama bulan puasa, produksi ditingkatkan karena banyak pesanan.
Jika semula hanya satu tenaga kerja, sekarang dibantu lima tenaga kerja yang semuanya masih famili. Sekali produksi, Tarmini menghabiskan 36 kilogram tepung beras ketan, 22 kilogram gula pasir dan 55 butir kelapa. Hasil produksinya, dijual dengan harga Rp 13.000 per kilogram. Menurut Tarmini yang sudah membuat kue sagon sejak tahun 1968, tingginya permintaan kue sagon hanya terjadi pada bulan puasa hingga Lebaran. Setelah itu, pesanan akan turun drastis. Kue sagon pernah berjaya sebelum tahun 2000. Saat itu, produksinya bisa mencapai satu kuintal. Hal yang sama dialami para perajin kue tradisional yang lain, seperti kue bolu emprit. ”Sekarang, toko-toko kue sudah sangat jarang yang mau dititipi. Alasannya tidak laku lagi,” ungkap Asmuni, perajin kue bolu emprit di Desa Surotrunan Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. (Suk)-g

sumber : kr.co.id dan www.kebumenkab.go.id
Admin by Dedy,S.Pt,M.Si
@ September 2009

0 comments:

KILAS PETERNAKAN ON FACEBOOK