Anda Pengunjung Ke-

free counter

Konsultasi Peternakan

KILAS INFORMASI

KAMI SIAP MENDAMPINGI ANDA
SILAHKAN DIPILIH JASA PELATIHAN DIBIDANG PETERNAKAN
KONTAK KAMI SEGERA Dedy Winarto,S.Pt,M.Si CONTACT PERSON: 0853 2672 1970 E-mail : dedy_good@yahoo.co.id>

LINK JURNAL

PERUSAHAAN PETERNAKAN

TUKAR LINK/BANNER

Topik yang menarik dalam website ini?

"SELAMAT DATANG DIWEBSITE KILAS PETERNAKAN, MEDIA ONLINE SEPUTAR DUNIA PETERNAKAN ANDA"

PENGUMUMAN

KRITIK DAN SARAN KONTEN WEB
Jika Konten Web tidak berkenan atau Dilarang Oleh Pemerintah
Kirim e-mail: Dedy_good@yahoo.co.id
Web ini hanya sebagai sarana berbagi Informasi, Pengetahuan dan wawasan Semata. Informasi Lebih lanjut Tlp 0853 2672 1970(No SMS).
SEMOGA BERMANFAAT

“Kai Ti Bao Gao (开题报告)” Seminar ala Mahasiswa di Cina

Tuesday, January 12, 2010

Oleh sarix_kensa@yahoo.co.id

Wuhan, China. Awal bulan Desember 2009 saya melihat kesibukan berbeda yang dilakukan teman-teman Lab saya. Bila sehari-hari mereka hanya disibukkan dengan kegiatan penelitian, kali ini mereka juga sibuk berkutat dengan file MS Power Point di komputer mereka masing-masing. Kaitibaogao yang sudah menjadi agenda tetap dilaksanakan pada bulan Desember di universitas ini, adalah seminar wajib bagi mahasiswa S2 dan S3, termasuk kami mahasiswa Magister Ilmu Ternak yang berada disini.

Kaitibaogao merupakan kegiatan yang diselenggarakan secara mandiri oleh masing-masing Lab, dimana setiap mahasiswa mempresentasikan ringkasan kegiatan yang sudah dilakukan dan hasil yang dicapai selama 1 tahun serta rencana untuk tahun depan. Kaitibaogao dilaksanakan sama seperti seminar mahasiswa yang dilaksanakan di Indonesia. Mahasiswa diminta mempresentasikan dihadapan sejumlah Profesor dari Lab masing-masing tentang penelitiannya, meliputi latar belakang penelitian, teori yang mendasari, metode yang dipakai, dan kemajuan hasil yang telah dicapai. Selanjutnya para profesor tersebut akan memberikan sejumlah pertanyaan atau saran yang berkaitan dengan penelitian tersebut.

Namun, ada hal unik yang kami lihat disini, kami di Indonesia terbiasa mengikuti seminar hampir selama 2 jam hanya untuk 1 orang mahasiswa, sementara disini kaitibaogao untuk mahasiswa seluruh Lab yang bisa berjumlah lebih dari 50 orang dilaksanakan hanya dalam wantu 2 hari. Kaitibaogao dimulai pagi hari pada jam 08.00 hingga 12.00, diselingi istirahat siang, dan dimulai lagi pada jam 14.00. Setiap mahasiswa hanya memiliki waktu sekitar 15 menit untuk melakukan presentasi dan menjawab pertanyaan professor.

Tidak ada pertanyaan yang berasal dari sesama teman Lab, dan demi menghormati forum, tidak ada makanan di ruang seminar. Slide presentasi teman-teman pun kami lihat unik, karena masing-masing teman Lab kami membuat presentasi yang terdiri lebih dari 30 slide yang memuat penjelasan panjang sehingga slide presentasi terlihat penuh sesak, sehingga sewaktu para profesor mengomentari slide presentasi kami yang pendek dengan komentar “This is how a presentation slide should be”, kami malah bingung harus menerima ini sebagai pujian atau sentilan.

Angga Ardhati Rani Hapsari, S.Pt - Postgraduate Student of Animal Science College on Double Degree Program HAU (China) & UNDIP (Indonesia)
Source:http://www.mit.undip.ac.id / Sunday, 10 January 2010
"Semangat mba Sari, semoga bisa eksis di China dan jgn lupa bagi-bagi ilmunya ya...he..he (Dedy)"

0 comments:

KILAS PETERNAKAN ON FACEBOOK