Anda Pengunjung Ke-

free counter

Konsultasi Peternakan

KILAS INFORMASI

KAMI SIAP MENDAMPINGI ANDA
SILAHKAN DIPILIH JASA PELATIHAN DIBIDANG PETERNAKAN
KONTAK KAMI SEGERA Dedy Winarto,S.Pt,M.Si CONTACT PERSON: 0853 2672 1970 E-mail : dedy_good@yahoo.co.id>

LINK JURNAL

PERUSAHAAN PETERNAKAN

TUKAR LINK/BANNER

Topik yang menarik dalam website ini?

"SELAMAT DATANG DIWEBSITE KILAS PETERNAKAN, MEDIA ONLINE SEPUTAR DUNIA PETERNAKAN ANDA"

PENGUMUMAN

KRITIK DAN SARAN KONTEN WEB
Jika Konten Web tidak berkenan atau Dilarang Oleh Pemerintah
Kirim e-mail: Dedy_good@yahoo.co.id
Web ini hanya sebagai sarana berbagi Informasi, Pengetahuan dan wawasan Semata. Informasi Lebih lanjut Tlp 0853 2672 1970(No SMS).
SEMOGA BERMANFAAT

Undip-Sijiro Kembangkan Sapi Wagyu

Saturday, January 30, 2010


SEMARANG - PT Sijiro Internasional menggandeng Undip untuk mengembangkan peternakan sapi wagyu di Temanggung. Kerja sama berupa pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan ruang lingkup peternakan sapi, pertanian, dan perikanan.

Peternakan sapi dengan sumber daya dari Fakultas Peternakan meliputi feeds and feeding, pemuliaan sapi Indonesia yang berkualitas, produksi dan reproduksi, pemrosesan hasil ternak dan teknologi hasil ternak, serta instalasi pengolahan limbah peternakan menjadi liquid dan solid fertilizer.

Kesepakatan kerja sama yang sejalan dengan program pemerintah menciptakan swasembada daging dan peningkatan kesejahteraan peternak sapi di Indonesia itu ditandatangani Direktur PT Sijiro Internasional Robert Murdoch dan Rektor Undip, Prof Dr dr Susilo Wibowo MS Med SpAnd, di Rektorat Undip Tembalang, kemarin.

Robert Murdoch menyatakan kerja sama itu dilatarbelakangi sumber daya alam dan subur di Indonesia. Namun untuk memenuhi daging sapi, masih harus impor dari Australia. ”Maka kami bersama-sama mencari jalan keluar dengan mendirikan peternakan di Temanggung.”
Kuartal Ketiga

Undip, kata dia, dipilih sebagai mitra untuk membantu menyediakan fasilitas dan sumber daya manusia atau tenaga ahli serta memperoleh akses dan informasi sesuai dengan kebutuhan PT Sijiro. PT Sijiro menyediakan objek, sumber daya, dan daerah yang akan dijadikan objek penelitian Undip.

Susilo berharap kerja sama itu bakal memajukan Fakultas Peternakan untuk meningkatkan pengembangan dan penelitian tentang sapi. Pembangunan peternakan 12,5 ha di Desa Walitelon dan Sidorejo, Temanggung, itu dimulai Februari.

Sebanyak 120 ekor sapi betina 70 ekor sapi jantan akan didatangkan dari Australia dengan pesawat, setelah segala kelengkapan peternakan terpenuhi. ”Harapan kami, proyek itu bisa dimulai kuartal ketiga tahun ini,” ujar Murdoch.

Senior Manager PT Sijiro International, Ir Kusmaningsih Solichedi MP, menuturkan sumber daya manusia peternak perlu ditingkatkan. Daging sapi wagyu dari Jepang itu memiliki cita rasa paling baik, empuk, lembut, dan rendah kolesterol.

”Red wagyu sudah diuji. Selain tahan cuaca panas, juga cocok dengan kondisi di Temanggung. Namun agar peternakan maju, nomor satu pakan bagus sehingga pertumbuhan hingga kelahiran sapi bagus,” katanya.

Direktur Utama PT Sijiro Kris H Sulisto menuturkan penemuan yang dihasilkan Undip baik diikutsertakan dalam proyek itu.
”Kami berharap kegiatan itu bisa jadi kebanggaan Temanggung, Undip, Jawa Tengah, dan PT Sijiro.” (K7,J14-53)
Source: www.suaramerdeka.com/30 Januari 2010
Tambahan image by KILAS PETERNAKAN

0 comments:

KILAS PETERNAKAN ON FACEBOOK