Anda Pengunjung Ke-

free counter

Konsultasi Peternakan

KILAS INFORMASI

KAMI SIAP MENDAMPINGI ANDA
SILAHKAN DIPILIH JASA PELATIHAN DIBIDANG PETERNAKAN
KONTAK KAMI SEGERA Dedy Winarto,S.Pt,M.Si CONTACT PERSON: 0853 2672 1970 E-mail : dedy_good@yahoo.co.id>

LINK JURNAL

PERUSAHAAN PETERNAKAN

TUKAR LINK/BANNER

Topik yang menarik dalam website ini?

"SELAMAT DATANG DIWEBSITE KILAS PETERNAKAN, MEDIA ONLINE SEPUTAR DUNIA PETERNAKAN ANDA"

PENGUMUMAN

KRITIK DAN SARAN KONTEN WEB
Jika Konten Web tidak berkenan atau Dilarang Oleh Pemerintah
Kirim e-mail: Dedy_good@yahoo.co.id
Web ini hanya sebagai sarana berbagi Informasi, Pengetahuan dan wawasan Semata. Informasi Lebih lanjut Tlp 0853 2672 1970(No SMS).
SEMOGA BERMANFAAT

Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa

Thursday, October 27, 2011


Oleh Dedy Winarto
Alumnus MIT Undip

Tidak jarang kita sebagai pengajar mendengar keluhan para siswa/i yang sulit berkonsentrasi saat mengikuti materi pelajaran. Disisi lain pencapaian prestasi yang biasanya diukur melalui perolehan nilai yang didapat/tingkat kelulusan dalam Ujian Nasional di sekolah menjadi salah satu hal yang dianggap sangat penting bagi orang tua dan siswa. Tuntutan untuk mendapatkan nilai sesuai kapasitas siswa, tentu menuntut siswa untuk berkonsentrasi dalam proses belajar agar mereka memahami setiap pelajaran yang diberikan pengajar.


Namun demikian, dalam mencapai itu semua sering terselip permasalahan. Siswa merasa sulit memahami dan tidak bisa berkonsentrasi saat pengajar memberikan materi pelajaran. Sering menjadi pertanyaan besar bagi pengajar, siswa maupun orang tua siswa, mengapa siswa tidak dapat mencapai hasil belajar yang optimal yang biasa diukur dalam nilai ulangan harian, nilai rapor maupun kelulusan Ujian Nasional.
Konsentrasi Belajar
Slameto (1988), dalam bukunya menjelaskan bahwa konsentrasi seseorang antara lain dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya modalitas belajar (visual, audiotorial, dan kinestika) yang menentukan bagaimana sih seorah siswa itu bisa memproses dan mencerna setiap informasi yang diterimanya. Kejelian memperhatikan modalitas belajar serta kreatifitas pengajar dalam mengembangkan strategi dan metode pembelajaran dikelas akan meningkatkan konsentrasi belajar siswa sehingga hasil belajarnya akan meningkat pula.
Secara umum ada 2 faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan siswa belajar yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal antara lain kondisi fisik (keterbatasan fisik/cacat), kondisi psikologis (kemampuan konsentrasi, kelelahan). Sedangkan faktor eksternal seperti kondisi keluarga (kondisi rumah), faktor sekolah (metode pengajaran), dan faktor sosial masyarakat.
Menurut Susanto (2006) dalam Jurnal Pendidikan Penabur menyatakan bahwa seorang anak bisa berkonsentrasi dengan baik/tidak dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal ini merupakan faktor yang muncul dari dalam diri siswa itu sendiri, seperti ketidak siapan siswa menerima pelajaran, kondisi fisik, psikologis, dan modalitas belajar. Sedangkan faktor eksternal (dari luar individu) antara lain adanya suara gaduh/berisik dari TV/radio atau suara-suara lainnya yang dapat mengganggu konsentrasi belajar.
Modalitas Belajar
Dari berbagai cara untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa, modalitas belajar merupakan salah satu aspek yang cukup diperhitungkan dalam mengelola


Artikel lebih lanjut bisa hubungi Dedy Winarto,S.Pt,M.Si via email Dedy.good@gmail.com

0 comments:

KILAS PETERNAKAN ON FACEBOOK