Anda Pengunjung Ke-

free counter

Konsultasi Peternakan

KILAS INFORMASI

KAMI SIAP MENDAMPINGI ANDA
SILAHKAN DIPILIH JASA PELATIHAN DIBIDANG PETERNAKAN
KONTAK KAMI SEGERA Dedy Winarto,S.Pt,M.Si CONTACT PERSON: 0853 2672 1970 E-mail : dedy_good@yahoo.co.id>

LINK JURNAL

PERUSAHAAN PETERNAKAN

TUKAR LINK/BANNER

Topik yang menarik dalam website ini?

"SELAMAT DATANG DIWEBSITE KILAS PETERNAKAN, MEDIA ONLINE SEPUTAR DUNIA PETERNAKAN ANDA"

PENGUMUMAN

KRITIK DAN SARAN KONTEN WEB
Jika Konten Web tidak berkenan atau Dilarang Oleh Pemerintah
Kirim e-mail: Dedy_good@yahoo.co.id
Web ini hanya sebagai sarana berbagi Informasi, Pengetahuan dan wawasan Semata. Informasi Lebih lanjut Tlp 0853 2672 1970(No SMS).
SEMOGA BERMANFAAT

Peluang Mengoptimalkan Potensi

Sunday, October 17, 2010


Oleh Dedy Winarto,S.Pt,M.Si
Tim FEDEP Purworejo, Dosen FP UMP


Pedesaan masih identik dengan kemiskinan dan juga kesusahan. Padahal, kalau kita cermati dengan baik dan juga prospektivitasnya sebenarnya tidak seharusnya demikian.Potensi sumber daya alam seperti lahan untuk pertanian, peternakan dan juga perikanan mayoritas di pedesaan.
Tidak mengherankan jika kekuatan atau kedaulatan pangan harusnya terletak di pedesaan bukan diperkotaan. Hal ini jelas karena ada siklus perputaran dari hulu hingga ke hilir.Akan tetapi proses hulu ini jangan hanya dianggap sebelah mata.

Bayangkan, dengan populasi penduduk Indonesia yang mencapai kurang lebih 236 juta jiwa, jika rata-rata per orang minum susu segar (fresh milk)per hari setidaknya dibutuhkan 236 jt liter per hari. Angka yg cukup fantastis dan memotivasi para kelompok Tani Ternak, begitu pula dengan telur dan produk-produk lainnya.
Bagaimana mengoptimalkannya?
Produk pertanian, peternakan dan perikanan saling bersinergis satu sama lain. Program itulah yang selayaknya diangkat didaerah pedesaan.Disamping itu, birokrasi dari berbagai financial service dipermudah dan pro rakyat.
Berkaitan dengan anomali cuaca perlu adanya penyuluhan dan tindakan cepat dari petugas pemerintah terkait untuk mengantisipasi gagal panen yang berkesinambungan.Gagal panen yang terus menerus akan berdampak luas baik kestabilan harga, distribusi produk maupun motivasi petani itu sendiri.

Semoga pedesaan bukan hanya sebagai objek semata tetapi juga lebih didekatkan sebagai subjek yang dilindungi.Dengan adanya kemauan dan motivasi nyata dari berbagai pihak terkait, InsyaAllah desa bisa mensuplai kemajuan kota dan sebaliknya kota pun andil bagian dalam memajukan desa.

Dilarang plagiat terhadap artikel ini, jika mau menjadikannya sumber silahkan tuliskan sumbernya.

2 comments:

bambangsakti said...

tulisan yang cukup menarik....terimakasih mudah -mdahan memberi dampak nyata pada wilayah pedesaan

bambangsakti said...

sebuah tulisan yang menarik...salam

KILAS PETERNAKAN ON FACEBOOK